Kurikulum TK Aisyiyah 04 Pati

KURIKULUM TK AISYIYAH 04 PATI

 A. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Pendidikan anak usia dini diyakini menjadi dasar bagi penyiapan sumber daya manusia yang berkkualitas di masa datang. Oleh karena itu layanan PAUD harus dirancang dengan seksama dengan memperhatikan perkembangan anak, perubahan ilmu pengetahuan dan tehnologi serta budaya yang berkembang. Memahami kondisi tersebut,maka TK Aisyiyah 04 Pati memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan PAUD. Kurikulum Tingkat Satuan PAUD TK Aisyiyah 04 Pati disusun oleh Tim Pengembang Lembaga yang terdiri dari Kepala Sekolah, Yayasan, Tim Guru dan Komite orang tua dengan bimbingan Penilik PAUD.Kurikulum TK Aisyiyah 04 Pati disusun sebagai acuan penyelenggaran dan pengelolaan keseluruhan program dan pelaksanaan pembelajaran.Kurikulum TK Aisyiyah 04 Pati jug di jadikan sebagai patokan untuk melaksanakan pengukuran keberhasilan pencapaian tujuan, program dan keseluruhan kegiatan pembelajaran sekaligus sebagai tolok ukur untuk peningkatan dan perbaikan mutu satuan pendidikan secara bertahapdan berkesinambungan .

2. Dasar Operasional Penyusunan KTSP PAUD
a. Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional b. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 tahun 3013 tentang pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif c. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang perubahan Atas peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasioanal Pendidikan d. Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2015 tentang perubahan kedua Atas peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan e. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan PAUD f. Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini g. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum tahun 2006 dan kurilukum 2013 pasal 7 h. Pedoman Penyusunan KTSP Direktorat Pembinaan PAUD 2014 i. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan Aisyiyah

3. Tujunan Penyusunan KTSP
Kurikulum TK Aisyiah 04 Pati disusun sebagai:
1. Acuan bagi pengelola dan pendidikan dalam menyusun program layanan, kegiataan pembelajaran dan kegiatan lain yang mendukung pencapaian keberhasilaan belajar anak.
2. Informasi tentang program layanan PAUD yang diberikan oleh satuan PAUD kepada peserta didik 
3. Dokumen program yang diperlukan untuk pemberian pembinaan

B. Visi, Misi dan Tujuan TK Asyiyah 04 Pati
1. Visi TK Aisyiah 04 Pati
“ Terwujudnya generasi yang agamis,cerdas dan berakhlakul kharimah”
2. MISI
1. Mendidik generasi bangsa yang agamis.
2. Memberikan pola pendidikan yang meyenangkan.
3. Memberikan layanan pendidik yang berkualitas.
4. Menanamkan budi pekerti yang mulia.

3. Tujuan Taman Kanak-kanak Aisyiyah 04 Pati
1. Meletakkan dasar kearah perkembangan sikap.
2. Memberikan bekal kemampuan dasar untuk memasuki jenjang sekolah dasar.
3. Memberikan layanan kepada masyarakat, agar anak dapat sedini mungkin memperoleh rangsangan pendidikan.
4. Mengembangkan potensi anak didik menjadi manusia berakhlak mulia.
C. Karakteristik Kurikulum TK Aisiyiyah 04 Pati
Kurilukm TK Asiyiyah 04 Pati disusun dengan mengusung nilai-nilai Islami sebagai dasar untuk pengembangan karakter peserta didik .Nilai-nilai karakter yang dikembangkan antara lain : Kepemimpinan, Jujur, kreatif .Penerepan nilai –nilai dilakukan melalui pembiasaan rutin yang diterapkan selama anak berada di satuan PAUD TK Aisyiyah 04 Pati. Dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, Kreatif, dan parsitipatif,TK Aisyiyah 04 Pati menerapkan model pembelajaran Area ,dimana kelompok anak dalam satu hari bermain dalam 3 Area yang didalamnya berisi berbagai aktifitas sebagai pemenuhan densitas main. Area yang di siapkan Area Bahasa,Area Matematika , Area Balok, Area Seni , Area Sains, Area Drama , Area Musik ,Area IMTAQ, Area Masak, Area Masak..Umtuk kelompok Usia 4-6 Tahun bermain di area Bahasa sebanyak 2 kali dalam seminggu dalam rangka membantu kematangan keaksaraan anak .

Komentar